Masukan nama dan email anda
Name:
Email:

Foto Keindahan Alam Raja Ampat di Papua

Raja Ampat tidak hanya menawarkan keindahan alam bawah laut, tapi juga daratan yang eksotis. Ada Desa Wisata Arborek yang menawarkan keasrian desa dan juga melihat terampilnya ibu-ibu membuat tas.

Terletak di Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, Desa Arborek menawarkan wisata yang berbeda. Di atas tanah seluas 7 hektar, Desa Wisata Arborek dihuni oleh lebih dari 150 keluarga. Desa ini menjadi pelopor di antara 18 desa wisata di Papua Barat.

Dilihat dari situs resmi Pariwisata Indonesia, untuk menemukan keindahan alam Arborek tidaklah sulit, terutama alam bawah lautnya. Langsung terjun saja ke laut Arborek dari dermaga, aneka terumbu karang cantik telah menanti.

Jika ingin menyelam dengan sensasi lebih menakjubkan, Anda bisa memilih lokasi di tengah laut Arborek. Cukup dengan menaiki ketinting atau perahu bermotor selama 10 menit, turis sudah berada di lokasi penyelaman terbaik.

Selesai menyelam, keluarkan kamera Anda dan tangkap momen yang mungkin jarang Anda lihat, menyaksikan nelayan melepas jala. Atau yang lebih seru lagi, melihat nelayan menangkap ikan menggunakan tombak. Wow!

Tidak hanya perairan, Arborek di Raja Ampat juga asyik dinikmati dari darat. Berjalan menyusuri jalan setapak juga akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Sepanjang jalan Anda akan disapa dengan hangat oleh penduduk. Bahkan, tak jarang yang mengajak berkenalan.

Tarik napas Anda dalam-dalam, dan hembuskan perlahan. Nikmati udara bersih yang dihasilkan dari pepohonan rimbun di Arborek. Mungkin udara seperti ini akan sulit Anda temukan begitu kembali ke kota asal.

Selain keindahan alam bawah laut, masih banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berada di Desa Arborek. Salah satunya adalah bercengkrama dengan penduduk asli Arborek yang terkenal ramah.

Sambil berbincang, Anda bisa melihat jemari para ibu yang lincah membuat tas dan topi dari pandan. Ya, para ibu Desa Arborek memang terkenal sebagai pengrajin topi dan tas. Jika tertarik, Anda juga bisa belajar membuat.

Tidak seperti kebanyakan wanita desa lain yang biasanya ikut membantu para suami sebagai nelayan, wanita Desa Arborek memproduksi tas dan topi sebagai pekerjaan pokok. Kebanyakan dari mereka menganggap pekerjaan sebagai pengrajin tas dan topi jauh lebih anggun untuk kaum wanita.

Untuk mencapai Desa Arborek, Anda bisa berangkat dari Sorong. Kemudian dilanjutkan mengunakan kapal motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari Waisai, perjalanan masih harus dilanjutkan selama kurang dari dua jam dengan menggunakan perahu panjang ke Desa Arborek.

















sumber: forum.viva.co.id



Bagikan artikel ini ke teman-temanmu, klik share >>